Kegiatan Pra Haflah Akhirussanah

Sungkul, WalisongoNews- Kamis, (2/5/19) Acara Pra Haflah Akhirussanah kini satu per satu telah terlewatkan. Dan hari ini sedang terlaksana acara Muhafadzoh Santri Pondok Pesantren Walisongo Sragen yang bertempatan di halaman SMP Walisongo.

Acara muhafadzoh tahun ini memang sedikit berbeda dengan tahun kemarin karena perihal yang memaksakan berjalannya acara Haflah Akhirussanah lebih awal daripada sebelumnya. Oleh sebab itu, acara-acara pra haflah juga dilaksanakan lebih awal sebelum pelaksanaan  PAS (Penilaian Akhir Semester). Seiring pelaksanaan acara pra haflah ini, santri juga masih berkegiatan seperti biasanya. Seperti halnya, sekolah dan belajar malam untuk persiapan PAS.

Hebatnya para santri berusaha menyeimbangkan antara kegiatan yang berbasis formal dengan kegiatan yang berbasis non formal. Demi maju muhafadzoh mereka rela meluangkan waktu di saat-saat sibuknya mereka. Namun, karena kemampuan orang berbeda-beda. Pada malam hari ini tetap saja ada yang berdiri karena tidak hafal. Tahun ini perbedaan antara santri yang sudah hafal dengan santri yang tidak hafal sangatlah mencolok. Tahun kemarin santri yang tidak hafal diwajibkan untuk berdiri sedangkan tahun ini tidak hanya diwajibkan berdiri saja. Namun, mereka yang tidak hafal diwajibkan juga untuk memakai papan nama dan seragam yang berbeda dengan santri yang hafal.

Ketentuan untuk para santri maju muhafadzoh juga berbeda-beda sesuai dengan materi mereka. Ketentuan hafalan kelas 7 adalah mufrodat bahasa arab, kelas 8 hadits arbain, kelas 9 juga hadits arbain, kelas 10 nadzom imrithi 1-100, dan untuk kelas 11 nadzom imrithi 1-150.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *